Pengantar
Bisnis Informatika
Disusun
oleh :
Nama
: Refie Triessya Hayyu
Kelas :
4ia08
NPM
: 58414988
Dosen
: Siti Saidah
Universitas
Gunadarma
2017
PTA
2017-2018
PENGANTAR
BISNIS INFORMATIKA
DEFINISI UMUM DARI BISNIS
Bisnis
secara umum adalah suatu aktivitas atau proses yang dimana memiliki tujuan
utama dalam mendapatkan keuntungan dari dua belah pihak atau banyak pihak yang
melakukan usaha, selain itu bisnis pun bisa menjadi sarana pertukaran
informasi, ide, konsep maupun dokumen yang berkaitan dengan tujuan komersil dan
akan tetap berlangsung secara berkala atau terus menerus apabila tetap
memberikan hasil keuntungan dari dua
belah pihak.
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Kata
teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang
memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam
pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang
mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia,
misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.
Teknologi
informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak
terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas
yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan,
pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan
antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan
teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi
tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad
ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik
jenuhnya.
Teknologi
informasi menliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakian sebagai
alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi
komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk
memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya.
Teknologi
informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing
memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan
aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia
menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan
alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik. Kata
kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data.
Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok
data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak
kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.
dapat
di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa
manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan
(ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas
sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
BISNIS
INFORMATIKA
Bisnis
informatika adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang
memiliki nilai value dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan
dengan bantuan teknologi informasi.
Bisnis
& Informatika. Memiliki dua arti yang saling berbeda. Dalam pengertian yang
sederhana bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau
sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan
keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang
dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan
teknologi informasi, seperti internet.
Bisnis
informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang
pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena
adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Jawaban salah
satunya Internet. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami
pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu
kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian
masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer.
Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses
internet.Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.
Intinya
adalah bisnis informatika adalah kegiatan yang dilakukan sebagian kelompok dan
individu atau beberapa kelompok yang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama
untuk mencapai suatu hasil nilai value
dan keuntungan yang menggunakan bantuan atau sarana teknologi informasi
itu sendiri dengan tetap mengikuti era zaman globalilasi terhadap informasi.
Sumber :
BERRYBENKA.COM
Tahukah anda tentang Berrybenka.com ?
sebelum kita masuk lebih dalam tentang salah satu e-commers lokal ini maka ada
baikknaya kita mengenal terlebih dahulu tentang berrybenka.com.
Berrybenka.com adalah situs belanja online
fesyen dan kecantikan ternama di Indonesia. Berrybenka menjual lebih dari 1000
merek lokal dan internasional, termasuk produk in-house label. Berrybenka
menawarkan kombinasi produk fesyen dan kecantikan terkini untuk setiap gaya
personal yang beragam. Berrybenka sebuah online store dengan konsep
retail dan teknologi, menunjukkan dukungannya kepada industri UMKM melalui
penjualan produk-produk fashion dan aksesoris perempuan. Berrybenka
didirikan pada tahun 2012 oleh Claudia Widjaja dan Yenti Elizabeth, sebelum
saya masuk dan memegang kepemimpinan pada Mei 2012. Situs ini baru diluncurkan
perdana pada Maret 2013 dengan wajah dan tampilan baru, dengan tagline ‘Fashion is Just a Click Away’.
BAGAIMANA
CARA KERJA ATAU SISTEM PENJUALAN PADA SITUS
BERRYBENKA.COM
Sistem kerja atau sistem penjualan
berrybenka sama dengan proses membeli suatu produk melalui situs belanja online
yaitu dimana :
·
Pembeli harus mendaftarkan diri terlebih
dahulu atau memiliki akun diberrybenka, memasukkan informasi seperti alamat
pengiriman, nomor HP, dan beberapa data pribadi, sehingga login dengan Facebook
dirasa kurang aman. Selain itu, akun Berrybenka-mu itu juga bisa dipakai untuk
berbelanja di situs Hijabenka.
·
Pilih barang yang akan dibeli, setelah
melakukan registrasi dan sudah berhasil login, maka pembeli mulai bisa membeli
sebuah produk yang diinginkan.
·
Pastikan sudah mengecek harga, detail
deskripsi produk, ukuran, dan material.
·
Cara pembayaran setiap produk dari yang kita
beli di berrybenka bisa dengan cara transfer sesuai keterangan barang yang akan
dibeli.
v Kelebihan
Ø Pengiriman
barang lebih cepat.
Ø Ketika
membeli produk kita tidak dirugikan dengan ukuran, warna dan bahan yang salah.
Ø Memberikan
kenyamanan dan keamanan barang serta selalu memberikan bonus yaitu dibagian
packing diberikan tas puring atau box khusus berrybenka.
Ø Proses
pengembalian uang apabila pesanan tidak sesuai atau habis tidak memakan waktu
banyak.
v Kekurangan
Ø berrybenka
belum menyediakan proses pembayaran secara cash on delivery (COD) atau lebih
lumrah disebut oleh masyarakat dengan cara bayar ditempat.
Ø Belum
banyak masyarakat menggunkan situs belanja online ini
Ø Hanya
menjual produk pakaian,sepatu dan tas tidak seperti situs belanaj online atau
situs e-commers lokal lainnya yang menyediakan banyak pilihan penjualan dan
pembelian.
Ø belum
tersedianya keterangan tentang update atau informasi jelas keberadaan pesanan.
Sumber :
Perkembangan
Bisnis Informatika Di Indonesia
Perkembangan bisnis TI di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan
yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar
dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu
bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus
didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi
informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Dunia bisnis tentunya banyak mengalami persaingan, sehingga membutuhkan
semua informasi yang aktual, cepat dan dapat dipercaya. Semua itu menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pergerakan bisnis yang semakin cepat
menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna
mempertahankan pelanggan, pemasok, bahkan dalam menghadapi persaingan. Maka
dari itu banyak orang bahkan perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang
bisnis, mulai dari menjual jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan
pemasaran suatu produk perusahaan. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang,
sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling
dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi
pemimpin dalam dunianya.
Adapun jasa atau tipes serta jenis dari bisnis di bidang TIK adalah :
1 .
Jasa
ü model
bisnis e-commerce
·
Penjualan online ( langsung tanpa melalui
perantara )
·
Broker informasi
·
Sistem tender elektronik ( suatu model
dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual untuk menawarkan harga, pemenagnya adalah seorang penjual yang
menawarkan harga yang paling rendah).
ü Konsultan
IT : menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan
masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
2 .
Produk
ü software
house
·
menerima pembuatan atau perbaikan software,
database, website, program accounting lengkap
·
meliputi tentang perangkat software maupun
hardware.
Perkembangan
Bisnis Informatika Di Dunia
Pertumbuhan bisnis teknologi
khususnya bisnis internet sangat menakjubkan. Para investor seperti tersihir
untuk membeli saham internet tanpa meneliti secara mendalam fundamental
perusahaannya. Anthony B.Perkins dan Michael C. Perkins pengelola majalah Red
Herring yang mengkhususkan dirinya mengamati perkembangan bisnis teknologi
menulis dalam bukunya yang berjudul “The Internet Bubble” menjadi best seller
di Amerika Serikat tentang kejatuhan saham internet di pasar modal.
Selain itu belakangan ini banyak
mendengar kemajuan suatu usaha karena bidang teknologi informasi,
telekomunikasi dan kominikasi yang begitu pesat yang berorientasi pada
teknologi informasi. Dengan semakin gencarnya globalisasi dunia saat ini, maka
teknologi informasi juga semakin marak dalam dunia bisnis. seperti OLX,Berniaga,Tokopedia,Tokobagus DLL
Bagi pelaku bisnis yang masih awam akan teknologi informasi dan komunikasi
wajib mengenal dan mempelajari agar usahanya mengalami pertumbuhan dan
perkembangan. Teknologi informasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya
dalam mencatat suatu transaksi, menyimpannya dalam bentuk data,
mentransformasikan menjadi informasi dan menyebarkannya kepada pemakai informasi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi
Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai
alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sedangkan Teknologi Komunikasi
merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.Oleh karena
itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang
tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang
terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan
informasi antar media. Instrumen yang digunakan selama ini adalah melalui badan
usaha operator telekomunikasi yang melakukan usaha/bisnis layanan
telekomunikasi melalui layanan fixed line, seluler, atau satelit.
Sumber
:
APLIKASI SISTEM REGISTRASI POLIKLINIK BERBASIS ANDROID
MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO
(Dosen pembimbing : Ericks Rachmat Swedia, ST, MMSI)
Secara disini akan dijelaskan maskud dan
tujuan dibuat aplikasi tersebut, dimana tujuan utama dari pembuatan aplikasi
inti berkaca dari pengala kan kejadian yang sering kita alami sehari-hari
ketika kita melakukan aktivitas di tempat atau suatu instansi kesehatan.
Menunggu memang hal yang sangat membosankan,
terlebih kita banyak membuang waktu hanya dengan menunggu suatu proses pendataan
saja, maka dari itu disini dibuatlah aplikasi yang dimana sedikit membantu dan
mengurai penumpukkan pada antrian registrasi sebuah poliklinik yang berbasis
android. Tidak memungkiri sudah banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan
ke praktisan suatu urusan tanpa harus membuang waktu banyak lagi. Dalam hal ini
dijelaskan beberapa aspek yang mengacu pada kebutuhan masyarakat akan suatu kemudahan
dalam proses registrasi.
Selain itu, aplikasi ini didukung dengan
fitur informasi poliklinik yang dimana didalamnya terdapat ketersediaan
pelayanan dari beberapa polikinik yang tersedia seperti poliklinik gigi,
poliklinik penyakit dalam, poliklinik umum,poliklinik anak dan poliklinik THT. Yang
dimana didalamnya terdapat pelayanan dan beberapa sarana pengobatan yang
melayani sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut.
Akan tetapi, beberapa tempat masih melakukan
kegiatan sistem antrian yang secara manual sama hal nya dengan tempat yang
lain. Hal ini menyebabkan permasalahan masyarakat yang dapat menimbulkan
penumpukkan pendaftaran pasien pada loket registrasi sehingga dalam keadaan ini
pihak instansi kesehatan mampu meminimalisir penumpukkan antrian di loket
registrasi, persoalan ini mengharuskan suatu instansi membuat aplikasi untuk
meminimalisir penumpukan antrian. Maka
ditarik sebuah kesimpulan, yaitu membuat suatu aplikasi yang mana
tujuannya untuk mempermudah suatu instansi dalam meminimalisir penumpukan
antrian di loket registrasi tersebut.
Sasaran dari aplikasi ini adalah instansi
kesehatan yang mampu menerapkan sistem agar lebih terurai akan penumpukan
natrian selain itu pada calon pasien pun sudah memiliki nomer antrian dengan
cara mengirimkan format sms guna sebagai bukti bahwa telah mendaftar dengan
aplikasi ini. Aplikasi sistem registrasi poliklinik memiliki suatu data, yang
mana data ini didukung proses penyimpanan datanya di simpan dalam suatu web.
Disini kita akan memperkenal aplikasi ini,
supaya dipergunakan dengan baik dan akan diperkenalkan pada masyarakat banyak. Aplikasi
ini menggunakan software android studio, metode yang digunakan adalah studi
pustaka, pemebntukan aplikasi, dan uji coba.
Selain itu kelebihan dari aplikasi ini adalah
aplikasi ini mampu dan bisa membantu pengguna untuk mempermudah dalam proses
mendapatkan nomer antrian, melalui verifikasi pesan singkat dengan format nomer
antrian, sehingga proses mengantri nomer antrian pada poliklinik lebih singkat
dan efisien secara waktu. Selain itu aplikasi ini praktis dan juga sistem
registrasi poliklinik disini memiliki suatu data, yang mana data ini didukung
proses penyimpanan datanya di simpan dalam suatu web, yang menjadi web admin
sebagai data atau history dari registrasi pendaftran pada bagian registrasi
awal.
Sebab mangacu pada tujuan utama untuk mempermudah
antrian disini hanya dibuat proses pendaftaran dan perolehan nomer antrian dan
tujuan dari poliklinik saja serta data diri pasien.
Kekurangannya adalah masih blom tersedia
data atau proses penyimpanan history atau rekam medic dari pasien dan kode
khusus agar tidak adanya pendaftaran ganda. Serta pembatasan jumlah pendafataran
pasien per hari berapa. Dalam hal ini aplikasi masih banyak kekurangan dan
masih perlu di tinjau ulang agar dapat di gunakan oleh masyarakat luas dan
diterapkan oleh seluruh instansi kesehatan. Prosentasi aplikasi ini sudah mampu
digunakan adalah 80% jadi hasil jadinya, namun masih bagus dan baik untuk bisa
digunakan langsung oleh instansi kesehatan maupun poliklinik umum atau khusus
penerima BPJS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar