Rabu, 15 November 2017

Aspek Pemasaran Terhadap PT Mayora Indah Tbk




Pengantar Bisnis Informatika




Disusun oleh :
Nama          : Refie Triessya Hayyu
Kelas          : 4ia08
NPM           : 58414988
Dosen         : Siti Saidah







Universitas Gunadarma
2017
PTA 2017-2018









PT MAYORA INDAH. Tbk
PT Mayora Indah Tbk (IDX: MYOR) atau Mayora Group (melakukan bisnis sebagai PT Torabika Eka Semesta) adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 Juli 1990. Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Unita Branindo sebanyak 32,93%.
Pada PT. MAYORA INDAH Tbk adalah ada beberapa spesifikasi produk yang dijual  dan memiliki 6 (enam) divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi.


1.         Spesifikasi Produk
Ø   Biskuit 
Roma, Danisa, Royal Choice, Better, Muuch Better, Slai O’Lai, Sari Gandum, Sari Gandum Sandwich, Coffeejoy, Chees’kress


Ø    Kembang Gula
Kopiko, Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Kis, Tamarin, Juizy Milk


Ø  Wafer 
Beng Beng, Beng Beng Maxx, Astor, Astor Skinny Roll, Roma Wafer Coklat, Roma Zuperrr Keju


Ø  Coklat
Choki-choki


Ø  Kopi
Torabika Duo, Torabika Duo Susu,  Torabika Jahe Susu, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Cappuccino, Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, Kopiko White Mocca, Kopi Ayam Merak, Kopiko (kopi), Torabika.


Ø  Makanan Kesehatan
Energen Cereal, Energen Oatmilk, Energen Go Fruit.


1.     Segmentasi Produk
Segmentasi pasar sebagai aktivitas membagi- bagi pasar/market yang miliki sifat heterogen kedalam satu-satuan pasar yang bersifat homogen. Pada kebanyakan perusahaan kebanyakan segmentasi produknya sesuai dengan desain produk dan merk yang mampu memenuhi sebuah posisi unik pada benak konsumen, serta meciptakan keuntungan, perbedaan, dan manfaat terhadapa produk yang dipilih konsumen.
2.     Analisa Situasi Pasar
Pada analisa situasi pasar disini PT MAYORA INDAH Tbk dalam hal situasi pasar sangat memperhatikan dan melihat dimana saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggannya. Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT.Mayora dapat memperoleh banyak pangsa pasar dan dapat menjangkau populasi sasaran yang tersebar luas. Sehingga dapat melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan terfragmentasi. Yaitu dengan cara :
1.    Mendesain sebuah sistem saluran membutuhkan analisis terhadap kebutuhan layanan konsumen.
2.    Mendesain saluran distribusi dinilai dengan menemukan nilai apa yang diinginkan oleh berbagai segmen sasaran dari saluran distribusi.
3.    Membidik sasaran pangsa pasar sesuai dengan produk yang ditawarkan.
3.     Analisis Pesaing
Para pesaing dalam pangsa pasar disini memeperhatika beberapa aspek dimulai dari menggunakan kepuasan pelanggan dan mutu sebagai basis perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. oleh karena itu kebutuhan konsumen. Ada 4 hal yang di pertimbangkan pesaing dalam melakukan pemasarannya.
·         Tempat yang strategis (place),
·         Produk yang bermutu (product),
·         Harga yang kompetitif (price), dan
·         Promosi yang gencar (promotion).
Mengapa demikian karena para pesaing melihat bahwa bidikan dari PT MAYORA INDAH Tbk itu sendiri menjual beberapa produk sesuai dengan lokasi yang pas.


     Analisis Pesaing
Para pesaing dalam pangsa pasar disini memeperhatika beberapa aspek dimulai dari menggunakan kepuasan pelanggan dan mutu sebagai basis perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. oleh karena itu kebutuhan konsumen. Ada 4 hal yang di pertimbangkan pesaing dalam melakukan pemasarannya.
·         Tempat yang strategis (place),
·         Produk yang bermutu (product),
·         Harga yang kompetitif (price), dan
·         Promosi yang gencar (promotion).
Mengapa demikian karena para pesaing melihat bahwa bidikan dari PT MAYORA INDAH Tbk itu sendiri menjual beberapa produk sesuai dengan lokasi yang pas.


        Strategi Promosi
Dilihat dari beberapa divisi dalam perusahaan ini, maka cara strategi promosi nya adalam menyediakan beberapa varian rasa dalam 1 buah produk. Sehingga peminat bisa memilih sesuai rasa dan selera. Selain itu pada produk kopi selalu melakukan gratis jumlah produk ketika membeli produk dengan jumlah 10 buah. Dan juga selalu memberikan diskon potongan harga untuk setiap produk varian rasa baru.


1        Media Promosi Berbasis TI
Pada PT MAYORA INDAH Tbk ini media promosi menggunaka iklan komersial break pada tayangan televisi dan memasang iklan pada web. Terlebih strategi pemasran yang lebih besar yaitu melalui distribusi menggunaka agen, sehingga promosi melalui iklan dan memasang iklan di web tidak begitu banyak.


Kesimpulannya adalah pada PT MAYORA INDAH Tbk ini memiliki konsep segmentasi yang sama dengan kebanyakan perusahaa. Yang paling banyak diperhatikan adalah kepuasan pelanggan serta selalu melakukan inovasi setiap saat dan memberikan aspek kepuasan pada mitra. Selain itu setiap inovasi baru yang dikeluarkan selalu sesuai dan tidak mengurangi komposisi dari bahan dan rasa.
Hal yang paling utama adalah kepuasan pelanggan, karena untuk pangsa pasar pun dan segi kacamata analisa dari pesaing pun sangat jauh untuk sejajar dengan PT. MAYORA INDAH Tbk. Bukan hal inovasi dari tampilan produk saja, namun dengan mempertahankan keaslian desain dan komposisi bahan serta menambahkan beberapa varian rasa untuk jadi pilihan lain pada masyarkat tanpa harus mengurangi originalitas rasa, desain dan komposisi bahan-bahannya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar