Pengantar
Bisnis Informatika
Disusun
oleh :
Nama
: Refie Triessya Hayyu
Kelas :
4ia08
NPM
: 58414988
Dosen
: Siti Saidah
Universitas
Gunadarma
2017
PTA
2017-2018
PT
MAYORA INDAH. Tbk
PT Mayora Indah Tbk (IDX: MYOR) atau Mayora Group (melakukan bisnis sebagai PT Torabika
Eka Semesta) adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia,
yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977. Perusahaan ini telah tercatat di
Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 Juli 1990. Saat ini mayoritas kepemilikan
sahamnya dimiliki oleh PT Unita Branindo sebanyak 32,93%.
Pada PT. MAYORA INDAH Tbk adalah ada
beberapa spesifikasi produk yang dijual dan memiliki 6 (enam) divisi yang masing
masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi.
1.
Spesifikasi Produk
Ø Biskuit
Roma, Danisa, Royal Choice, Better,
Muuch Better, Slai O’Lai, Sari Gandum, Sari Gandum Sandwich, Coffeejoy,
Chees’kress
Ø Kembang Gula
Kopiko,
Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Kis, Tamarin, Juizy Milk
Ø Wafer
Beng Beng, Beng Beng Maxx, Astor, Astor
Skinny Roll, Roma Wafer Coklat, Roma Zuperrr Keju
Ø Coklat
Choki-choki
Ø Kopi
Torabika Duo, Torabika Duo Susu, Torabika Jahe Susu, Torabika Moka, Torabika 3
in One, Torabika Cappuccino, Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, Kopiko
White Mocca, Kopi Ayam Merak, Kopiko (kopi), Torabika.
Ø Makanan
Kesehatan
Energen Cereal, Energen Oatmilk,
Energen Go Fruit.
1. Segmentasi
Produk
Segmentasi
pasar sebagai aktivitas membagi- bagi pasar/market yang miliki sifat heterogen
kedalam satu-satuan pasar yang bersifat homogen. Pada kebanyakan perusahaan
kebanyakan segmentasi produknya sesuai dengan desain produk dan merk yang mampu
memenuhi sebuah posisi unik pada benak konsumen, serta meciptakan keuntungan,
perbedaan, dan manfaat terhadapa produk yang dipilih konsumen.
2. Analisa
Situasi Pasar
Pada
analisa situasi pasar disini PT MAYORA INDAH Tbk dalam hal situasi pasar sangat
memperhatikan dan melihat dimana saluran distribusinya dengan kebutuhan
pelanggannya. Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber
dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT.Mayora dapat memperoleh banyak pangsa
pasar dan dapat menjangkau populasi sasaran yang tersebar luas. Sehingga dapat
melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan
terfragmentasi. Yaitu dengan cara :
1. Mendesain
sebuah sistem saluran membutuhkan analisis terhadap kebutuhan layanan konsumen.
2. Mendesain
saluran distribusi dinilai dengan menemukan nilai apa yang diinginkan oleh
berbagai segmen sasaran dari saluran distribusi.
3. Membidik
sasaran pangsa pasar sesuai dengan produk yang ditawarkan.
3. Analisis
Pesaing
Para
pesaing dalam pangsa pasar disini memeperhatika beberapa aspek dimulai dari
menggunakan kepuasan pelanggan dan mutu sebagai basis perencanaan yang
dilakukan oleh perusahaan. oleh karena itu kebutuhan konsumen. Ada 4 hal yang
di pertimbangkan pesaing dalam melakukan pemasarannya.
·
Tempat yang strategis (place),
·
Produk yang bermutu (product),
·
Harga yang kompetitif (price), dan
·
Promosi yang gencar (promotion).
Mengapa
demikian karena para pesaing melihat bahwa bidikan dari PT MAYORA INDAH Tbk itu
sendiri menjual beberapa produk sesuai dengan lokasi yang pas.
Analisis
Pesaing
Para
pesaing dalam pangsa pasar disini memeperhatika beberapa aspek dimulai dari
menggunakan kepuasan pelanggan dan mutu sebagai basis perencanaan yang
dilakukan oleh perusahaan. oleh karena itu kebutuhan konsumen. Ada 4 hal yang
di pertimbangkan pesaing dalam melakukan pemasarannya.
·
Tempat yang strategis (place),
·
Produk yang bermutu (product),
·
Harga yang kompetitif (price), dan
·
Promosi yang gencar (promotion).
Mengapa
demikian karena para pesaing melihat bahwa bidikan dari PT MAYORA INDAH Tbk itu
sendiri menjual beberapa produk sesuai dengan lokasi yang pas.
Strategi Promosi
Dilihat
dari beberapa divisi dalam perusahaan ini, maka cara strategi promosi nya
adalam menyediakan beberapa varian rasa dalam 1 buah produk. Sehingga peminat
bisa memilih sesuai rasa dan selera. Selain itu pada produk kopi selalu
melakukan gratis jumlah produk ketika membeli produk dengan jumlah 10 buah. Dan
juga selalu memberikan diskon potongan harga untuk setiap produk varian rasa
baru.
1 Media
Promosi Berbasis TI
Pada
PT MAYORA INDAH Tbk ini media promosi menggunaka iklan komersial break pada
tayangan televisi dan memasang iklan pada web. Terlebih strategi pemasran yang
lebih besar yaitu melalui distribusi menggunaka agen, sehingga promosi melalui
iklan dan memasang iklan di web tidak begitu banyak.
Kesimpulannya adalah pada
PT MAYORA INDAH Tbk ini memiliki konsep segmentasi yang sama dengan kebanyakan
perusahaa. Yang paling banyak diperhatikan adalah kepuasan pelanggan serta
selalu melakukan inovasi setiap saat dan memberikan aspek kepuasan pada mitra. Selain
itu setiap inovasi baru yang dikeluarkan selalu sesuai dan tidak mengurangi
komposisi dari bahan dan rasa.
Hal yang paling utama
adalah kepuasan pelanggan, karena untuk pangsa pasar pun dan segi kacamata
analisa dari pesaing pun sangat jauh untuk sejajar dengan PT. MAYORA INDAH Tbk.
Bukan hal inovasi dari tampilan produk saja, namun dengan mempertahankan
keaslian desain dan komposisi bahan serta menambahkan beberapa varian rasa
untuk jadi pilihan lain pada masyarkat tanpa harus mengurangi originalitas
rasa, desain dan komposisi bahan-bahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar